cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Faktor Exacta
ISSN : 1979276X     EISSN : 2502339X     DOI : -
Faktor Exacta is a peer review journal in the field of informatics. This journal was published in March (March, June, September, December) by Institute for Research and Community Service, University of Indraprasta PGRI, Indonesia. All newspapers will be read blind. Accepted papers will be available online (free access) and print version.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 4 (2015)" : 10 Documents clear
METODE PEMBELAJARAN MEMBACA MENINGKATKAN MINAT BACA PADA ANAK USIA DINI DENGAN METODE ANP DWI MARLINA; JULIANA JULIANA; HALIMATUS SA’DIAH SA’DIAH
Faktor Exacta Vol 8, No 4 (2015)
Publisher : LPPM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (684.362 KB) | DOI: 10.30998/faktorexacta.v8i4.504

Abstract

Kemampuan membaca adalah satu ketrampilan sangat penting yang dibutuhkan anak-anak mengarungi dunia pembelajaran. Berbagai metode belajar membaca pun bermunculan untuk membantu para guru dan orang tua mengajarkan ketrampilan ini. Akan tetapi, metode saja sebetulnya tidak cukup, sebab setiap anak itu unik dan keunikan itu membutuhkan layanan metode yang berbeda-beda. Yang lebih menentukan adalah pemahanan orang tua tentang bagaiman sebetulnya anak-anak itu belajar. Belajar membaca pada anak usia dini harus bisa menjadi saat-saat yang menyenangkan bagi mereka dan di Taman Kanak-kanak (TK) mereka bisa mendapatkan model pembelajaran yang menyenangkan. Taman Kanak-kanak merupakan pendidikan anak usia dini pada jalur formal dan peletak awal pembalajaran yang memberikan pondasi dasar persiapan tahap belajar selanjutnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui berapa besar minat baca anak di taman kanak-kanak dalam meningkatkan belajar baik di sekolah maupun di luar sekolah yang diidentifikasi melalui metode ANP. Diduga minat baca anak di taman kanak-kanak dipengaruhi oleh faktor lain antara lain metode pengajaran, kemampuan membaca, kemampuan Berbahasa yang disesuaikan dengan pengelompokan sesuai dengan usia anak TK (Kelompok A dan Kelompok B) dan didukung oleh media atau alat peraga yang disediakan oleh guru. Model ANP dapat melakukan pengukuran dan sintesis sejumlah faktor-faktor dalam bentuk hierarki ataupun jaringan antar cluster. Cluster yang terdapat pada model ANP ini terdiri dari metode pengajaran kemampuan membaca, kemampuan berbahasa dan alternatif yang saling ketergantungan (berpasangan) antar beberapa elemen (kriteria dan alternatif). Kata kunci: minat baca, membaca, anak, TK, ANP
PENCARIAN JALUR TERPENDEK MENGGUNAKAN ANT COLONY SYSTEM (KASUS: PARIWISATA KOTA BOGOR) RINI AMALIA
Faktor Exacta Vol 8, No 4 (2015)
Publisher : LPPM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (190.449 KB) | DOI: 10.30998/faktorexacta.v8i4.500

Abstract

Ant Colony System (ACS) adalah sebuah metodologi yang dihasilkan melalui pengamatan terhadap semut. Pada algoritma ACS, semut berfungsi sebagai agen yang ditugaskan untuk mencari solusi terhadap suatu masalah optimisasi. ACS telah diterapkan dalam berbagai bidang, salah satunya adalah untuk mencari solusi optimal pada Traveling Salesman Problem (TSP). Penelitian ini akan mencoba melakukan pencarian jalur terpendek menggunakan algoritma koloni semut pada 9 obyek wisata yang akan dilalui oleh para wisatawan. Dalam penelitian ini didapatkan Jalur optimal terbaik yang dapat ditempuh wisatawan rute dengan jarak tempuh sejauh 27482 meter dengan rute yang dihasilkan adalah dimulai dari Kebun Raya Bogor, Museum Zoologi, Istana Bogor, Museum Etnobotani, Plaza kapten Muslihat,Museum Perjuangan, Museum Pembela Tanah Air, Situ Gede, Prasasti Batu Tulis dan kembali lagi ke kebun Raya Bogor. Kata kunci: Algoritma Semut, ACS, Obyek Wisata, Wistawan, Jalur Terpendek
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI SUPPLIER DENGAN PENDEKATAN METODE FIS MAMDANI PADA KOPERASI XYZ puput irfansyah; Imam Sunoto
Faktor Exacta Vol 8, No 4 (2015)
Publisher : LPPM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (671.984 KB) | DOI: 10.30998/faktorexacta.v8i4.505

Abstract

XYZ Cooperative is a cooperative engaged in trading and distributing. At this time the Cooperative XYZ act as distribution equipment medical equipment that also distribute other products such as medicinal products. As a cooperative distributors who deal directly with suppliers and customers that want to satisfy customer-oriented, and the many suppliers who want to distribute their goods through the Cooperative XYZ, then the cooperative is required to select suppliers which can be selected to establish good cooperation and benefit, is one aspect important that ensures the smooth operation of firms, and not disappoint the customer. Decision-making can be influenced by several aspects, this can affect the speed in taking decisions by the decision maker in which decisions must be fast and accurate. Rapid technological advances that increasingly make the decision-making process also requires information technology, this is due to globalization, which demands a cooperative to move quickly in taking a decision. Here, the role of decision support systems to take proper supplier selection decisions. Determination of supplier selection criteria are then processed with a fuzzy logic approach infrence mamdani system, so it can be obtained easily ranks suppliers to then be proposed as appropriate supplier. Results from this study are expected cooperative is able to determine the selection of suppliers in efekif, efficient, and objective. Keywords: Fis mamdani, criteria, selection, suppliers
KAJIAN PENERAPAN ALGORITMAC4.5, NEURAL NETWORK DAN NAÏVE BAYES UNTUK KLASIFIKASI MAHASISWA YANG BERMASALAH DALAM REGISTRASI HERU SULISTIONO
Faktor Exacta Vol 8, No 4 (2015)
Publisher : LPPM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (835.05 KB) | DOI: 10.30998/faktorexacta.v8i4.501

Abstract

Registration is a registration activities conducted in each semester. In an educational institution, for the administrationis veryimportant. If an educational institution having problems in the administration will be useless and can notlast long. Registration done old studentin each semester is the best way for educational institutions including the University Indraprasta PGRI, such as to be able to determine the number of classes that will be prepared at the beginning of the semestertuition. From the data known to thedecrease in the number of students who will be attending for the nextterm. Therefore,any factorthat causes many problems in the registration of students. Purpose of this researchis to create a classification problem or astudent whois not in the registration,in the study conducted comparison algorithm C4.5, naïvebayes and neural network which is applied to the data in the registration troubled students. This study aimed to measure the accuracy of the comparativestudy of classification algorithms in 3 pieces that students have trouble registering. From the test resultsto measure the performance of the three algorithms using Cross Validation testing methods, Confusion Matrix and the ROC curve, it is known that Naive Bayes algorithm has he high estaccuracy value, ie91.57%, followed by C4.5 method with the accuracy of 91.43% and the lowest Neural Network is a method with a value of89.02% accuracy. Keyword: Data Mining, Algoritma C4.5, Naïve Bayes, Neural Network.
KAJIAN KESUKSESAN SISTEM INFORMASI BERBASIS PARTIAL LEAST SQUARETERHADAP KINERJA AGENT TELEMARKETING REZA AVRIZAL
Faktor Exacta Vol 8, No 4 (2015)
Publisher : LPPM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (424.437 KB) | DOI: 10.30998/faktorexacta.v8i4.506

Abstract

Peran telemarketing pada PT. AXAMandiri adalah sebagai jalur alternatif distribusi marketing yang sangat mempengaruhi dalam hal pendapatan, dikarenakan distribusi pemasaran yang sangat mudah dan efisien yaitu hanya melalui telepon tanpa harus berhadapan langsung dengan nasabah. Untuk aktifitas ini hanya membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit dan mampu menghubungi >30 nasabah dalam melakukan penawaran. Setiap aktifitas penjualan ini dilengkapi dengan system voice recording Hal ini membuat penjualan lebih efisien dan maksimal. Keberhasilan pemasaran yang berbasiskan telemarketing tidak lepas dari infrastruktur teknologi yang digunakan baik itu dari aplikasi, telekomunikasi dan aplikasi perekam. Pada penelitian ini akan menguji pengaruh penggunaan voice recording system terhadap kinerja agen telemarketing di P.T AXAMandiri dengan menggunakan sebuah analisis model yaitu structural equation model berbasiskan partial least square. Model ini merefleksi ketergantungan dari enam pengukuran yakni ; kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, kepuasan pengguna dan kinerja individu. Keyword: Telemarketing, Voice Recording, Kinerja Agent Telemarketing, Kesuksesan Informasi
MODEL PENGUKURAN KINERJA PERPUSTAKAAN PTS X BERDASARKAN ISO 11620:2008 DAN SNP 010:2011 YUNI WIBAWANTI
Faktor Exacta Vol 8, No 4 (2015)
Publisher : LPPM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (695.476 KB) | DOI: 10.30998/faktorexacta.v8i4.507

Abstract

Perpustakaan PTS X sebagai unit yang memberikan layanan terhadap pengguna tidak melakukan pengukuran kinerja berdasarkan standar layanan. Untuk meningkatkan layanan yang diberikan terhadap pengguna, diperlukan pengukuran kuantitatif dan kualitatif untuk mengevaluasi kinerja keseluruhan perpustakaan. Pembobotan terhadap setiap kriteria dan setiap indikator dilakukan dengan perbandingan berpasangan sesuai metode AHP (Analytical Hierarchy Process). Bobot koleksi sebesar 0,331; Fasilitas 0,327; Pelayanan 0,217; Petugas 0,126. Pengukuran setiap indikator mengikuti metode pengukuran dalam ISO 11620:2008. Pengukuran indikator dilakukan terhadap data perpustakaan serta survei kepuasan pengguna. Survei dilakukan dengan menyebarkan 100 kuesioner terhadap pengguna yang sebelumnya dilakukan uji validitas dan reliabilitas kuesioner dengan SPSS 17. Hasil verifikasi menunjukkan bahwa model dapat digunakan untuk melakukan pengukuran kinerja layanan perpustakaan Universitas X adapun nilai yang diperoleh pada kategori rendah. Hasil validasi terhadap model yang dibuat dengan melihat adanya kesesuaian antara keadaan nyata dengan hasil pengukuran kinerja perpustakaan PTS X yang ada pada kategori rendah, menunjukkan bahwa model dapat digunakan. Model pengukuran kinerja layanan perpustakaan yang dibuat valid dan layak untuk diujicoba. Kata Kunci: Indikator kinerja, ISO 11620:2008, SNP 010:2011, Perbandingan Berpasangan, Skala Likert.
PENGUKURAN KINERJA DENGAN BALANCED SCORECAD UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING PT. ABC DANIEL SEMBIRING; ANDRI ANDRI
Faktor Exacta Vol 8, No 4 (2015)
Publisher : LPPM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (451.788 KB) | DOI: 10.30998/faktorexacta.v8i4.502

Abstract

This research is intended to measure and analyze the company’s performance by four Balanced Scorecard perspectives, identifying and measuring the achievement of performance targets in each perspective. This study also measure and evaluate the implementation of the Balanced Scorecard that have done since 2004 using a questionnaire based on the Malcolm Baldrige Criteria. The results of performance measurement in the 5 years from 2010 to September 2014 shows that the average value of learning and growth perspective for workforce training 0,56%, labor productivity Rp.1,679.02 billion per person, labor turnover 3,59% and attendance rate of labor 2,11% . While the average value for the internal business process perspective with the benchmark yield production are 98.82%, 111.38% for total productivity, the value products are Rp 1,137 billion, 98.64% for product quality and 54.55% for employee suggestions. The average value of the customer's perspective to the benchmark market share are 11.69%, 36.02% for customer retention, 64.87% for customer acquisition, 9:20% for customer complaints and On Time Delivery are 92.09%. For financial perspective results the average value of ROE are 15.72%, ATO 1:50 times, ROA 4:47%, current ratio 106.85%, quick ratio 59.66%, and Net Profit Margin Ratio is 1.91%. Keywords: Balanced Scorecard, SWOT, Performance Objective
APLIKASI ALGORITMA SOLLIN DALAM PENCARIAN POHON PERENTANG MINIMUM PROVINSI JAWA TENGAH WULAN ANGGRAENI
Faktor Exacta Vol 8, No 4 (2015)
Publisher : LPPM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (679.576 KB) | DOI: 10.30998/faktorexacta.v8i4.508

Abstract

The purpose of this study is to find the minimum range tree of Central Java province by using sollin algorithm. This was research study by using literature study. Tree range minimum is a tree range which has minimum point from a graft. Looking for minimum range tree of Centre Java Province by using algorithm sollin with the solution by using matlab (matrix laboratory). Sollin algorithm is a combination between algorithm prim and kruscal. The way of working was choosing the left side from one point. Every point was identified. After identification process. Next step was checking cutset sides, and the most minimum cutset, so one tree with another tree was connected. After doing the identification by using algorithm sollin so it was got point of minimum tree range was 1251 km. Keywords: graf, minimum spanning tree, algoritma sollin.
PROTOTIPE KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM DALAM PENERIMAAN, PENYIMPANAN, DAN PENDISTRIBUSIAN ZAKAT BERBASIS WEB 2.0 RUDI PRASETYA
Faktor Exacta Vol 8, No 4 (2015)
Publisher : LPPM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (688.965 KB) | DOI: 10.30998/faktorexacta.v8i4.503

Abstract

Zakat Al-Hakim institutions engaged social mobilization duties, storing, and distribution of zakat funds that require the data muzaki deposit and mustahik charity, and employees who manage to cleanly to improve services to the public charity. In the process of administration of zakat management is currently running as is, and there is no system for gathering and storage and distribution of web-based charity. So this study builds a prototipe Knowledge Management System (KMS) using a web-based Unified Software Development (USDP) object oriented (Object Oriented Analysis and Design) Using Modeling Language (UML). Mechanical testing of the system with a black box testing approach. Quality tested software using Focus Group Discussion (FGD). The results of the study in the form of a prototype of a Knowledge Management System in the collection, management, and distribution of Zakat based on web 2.0 LAZ Al Hakim.Keywords: Knowledge Management System, Collection, Storage, Distribution of Zakat, Web 2.0, UML, Unified Software Development Process
STRATEGI PERENCANAAN DAN PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN KERANGKA TOGAF VERSI 9 : STUDI KASUS SMKN XYZ AHMAD SURYADI
Faktor Exacta Vol 8, No 4 (2015)
Publisher : LPPM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/faktorexacta.v8i4.509

Abstract

Pemanfaatan teknologi informasi sudah menjadi kebutuhan yang sangat vital dalam membantu semua kegiatan. Pengelolaan informasi tentang perkembangan belajar mengajar menjadi permasalahan yang sangat kompleks apabila hanya ditangani secara konvensional dan terpisah-pisah. Dari permasalahan tersebut maka diperlukan blueprint sebagai acuan untuk perencanaan dan penerapan Teknologi Informasi yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan. Untuk menghasilkan rancangan arsitektur Teknologi Informasi yang baik, maka perlu adanya suatu kerangka kerja (framework) yang digunakan. Salah satu kerangka perancangan arsitektur enterprise adalah The Open Group Architecture Framework (TOGAF). TOGAF memberikan metode secara detil mengenai bagaimana membangun, mengelola, dan mengimplementasikan Enterprises Architecture (EA) dan Sistem Informasi yang disebut dengan Architecture Development Method (ADM), ADM merupakan hasil dari kerjasama praktisi arsitektur dalam Open Group Architecture Forum. Jurnal ini membahas perencanaan dan penerapanTeknologi Informasi pada SMKN XYZ Menggunakan Kerangka The Open Group Architecture Framework (TOGAF). Architecture Development Method (ADM) adalah metode yang detail dalam memodelkan, mengembangkan, serta mengpenerapankan arsitektur enterprise. Kata Kunci: TOGAF, Arsitektur Enterprise.

Page 1 of 1 | Total Record : 10